Apakah Dtks dan non dtks itu?

kami cek di aplikasi siks ibu Yayat terdaftar kepesertaan berdasarkan dtks periode Januari 2020. Apakah maksud periode Januari itu ibu Yayat terdaftar penerima bansos (PKH) sebelum pandemi yg jadi sebab tidak bisa mendapat bantuan, padahal sebelum pandemipun ibu Yayat tidak menerima bantuan apapun dari pemerintah desa.

Sampurasun @deni_sopyan

Secara singkat, DTKS adalah masyarakat miskin lama yang telah didata oleh Dinsos sebelum pandemi, sementara Non-DTKS adalah masyarakat miskin baru yang terdampak oleh pandemi.

Betul, bila terdaftar sebagai penerima PKH artinya beliau sebagai penerima DKTS.

Hatur nuhun.

@Anovanmr kang punten mohon bantuannya menjawab bila terdaftar sebagai penerima PKH namun tidak mendapatkan bantuan sejak awal Januari bagaimana ya? Hatur nuhun.

Karena dtks ibu Yayat tidak mendapat bst, karena syarat bst adalah non dtks. Padahal jauh sebelumnya ibu Yayat belum pernah mendapat bantuan apa2. Sudah ditanya ke aparat desa, katanya akan di lihat dtks berupa bantuan apa dan siapa yang mengambil bantuan yang seharusnya ibu Yayat terima jauh sebelumnya. Periode Januari 2020 adalah periode yg sudah di perbarui, artinya bulan bahkan tahun sebelumnya sudah terdata dtks, karena tiap beberapa bulan periode dtks selalu diperbarui. Sampai saat ini ibu Yayat tidak mendapat bantuan apa2, walaupun pak RT bulak balik mengajukan bantuan tetap tidak bisa. Hanya di kasih beras Bulog 30kg dan katanya tidak bisa menerima bantuan apapun lagi karena sudah dapet beras. Beras itu nilainya 75rb, yg lain dapet bantuan 600rb (orang mampu lagi yg dapet, punya mobil). Hmmm sekarang kami kebingungan

Bansos untuk DTKD sebetulnya data yang diluar dari penerima PKH/ BPNT yang lainnya.
Contoh Jumlah DTKS di Kab/Kota A sejumlah 100.000 Kepala Keluarga, yang menerima PKH 35000 dan BPNT+PKH sejumlah 65.000, sisanya 35.000 itulah yang akan mendapatkan bantuan dari 9 jenis pintu sesuai ajuan dari Dinsos Kab/Kotanya masing-masing.
Jadi Bukan Artinya terdaftar DTKS secara Otomatis sebagai penerima PKH/BPNT semua didasarkan kepada anggaran dan pengajuan Kab/kota.

Disitu terupdate dtks periode Januari 2020, Kalau yg terdaftar dtks bukan berarti penerima PKH/bpnt, lalu ia penerima apa. Menurut anda ia penerima bansos 9 jenis pintu?, Ibu Yayat tidak menerima nya. Penerima bansos 9 jenis pintu itu memang terdata di dinsos juga, namun tidak mempunyai id dtks dan id artdtks.
Screenshot yg saya kirim tidak ada keterangan ibu Yayat penerima PKH/bpnt, tapi jika dilihat sebelum adanya covid itu ada keterangan jenis bantuan nya (PKH/bpnt), itulah yg susah dibuktikan.
lupain dtks dan nondtks, yang jelas ibu Yayat tidak menerima bantuan apapun, termasuk yang 9 jenis pintu itu.

Punten kang bade naros, klo kayak gni ini sy dapet atau tidak ya??

Sampurasun akang / teteh @rifka_faulina.
Terkait bansos tunai kemensos dapat menghubungi kontak berikut:

Jika ada pertanyaan lebih lanjut seputar *Program Bansos dari Kemensos (BST & BSNT)*, Anda bisa menghubungi layanan informasi berikut :

Email: bansoscovid19@kemsos.go.id
Call center: 08111022210
Website: https://bit.ly/kemsos_callcenter

Mau daftar DTKS di kantor desa tidak di tanggapi, apa bisa daftar di aplikasi pikobar ini.???

Sampurasun terkait data dtks bantuan pusat silahkan berkordinasi dengan aparat desa setempat. Rt/Rw untuk bantuan tersebut apakah layak di terima teteh sebagai dataan dtks. Hatur nuhun.

Terimalasih atas informasi nya, namun sangat di sayangkan karena kebanyak belom nerima bantuan dtks yg dimaskudkan itu sehingga daftar prakerja pun dari gelombang 9 sampe sekarang tidak lolos²

Baik akang/teteh @Evic_Moment. Untuk data dtks dapat melapor ke hotline kemensos. Kami sarankan untuk mendaftarkan bansos menggunakan NIK kepala keluarga. Hatu nuhun.