Aplikasi Sapa Warga dibikin Terbuka

Bikin aplikasinya yg bisa diakses terbuka entah pendataan / pendistribusian, bukan hanya bisa diakses cuma oleh desa rw aja, tapi oleh warga sipil juga terbuka. Jangan sampe oknum desa / rw kebangetan! warga dh gk tahan jadi ricuh semua! Ini masalah hidup orang!!! buat apa kita warga negara punya NIK KTP, KK kalo data pengajuan cuma bisa diakses satu arah, biarkan rakyat mengajukan dan desa verifikasi trbuka dlm sistem aplikasi online terbuka. Jadi lebih trarah dan semoga semakin kecil celah penyelewengan dan semoga wabah ini cepat berlalu, kita diberi kesehatan dan rejeki berlimpah biar pemerintah gk prlu janji2 ngasih bantuan, tapi gk nyampe2 apa di PSBB gtu ya bantuanya oleh sistem birokrasi dibawah realita banyak oknum RW desa yg mentingin keluarganya sendiri pdhl mampu, yg gk peduli liat warganya yg bener2 membutuhkan bantuan. Lapor protes jawabanya udh dari sananya data sistem

4 Likes

Selamat Malam Ibu Neni
Sampurasun.

Sebelumnya terimakasih telah mengubungi & memberikan informasi kepada Sapawarga Support.
Akan kami tampung untuk informasi yang telah ibu sampaikan terkait akses untuk seluruh warga sipil, namun untuk saat ini aplikasi sapawarga hanya dapat digunakan oleh Ketua RW setempat, apabila ibu merasa ada warga yang berhak mendapatkan bantuan secara cepat bisa langsung menghubungi ketua RW terdekat agar dapat kami tindaklanjuti secara baik dan cepat.

Terimakasih

Maaf knpa saya usulkan terbuka demikian anda paham tidak? karna banyaknya oknum2 RW / Aparatur Desa yg menyalah gunakan kewenangan, bantuan tidak tepat sasaran malah banyak RW memberikan bantuan pemerintah ke sanak keluarganya atau ada kedekatan, bukan memberikan bantuan pemerintah ke yg tepat betul2 butuh dibantu. Bagai mana kami bisa melaporkan ke RW kalo toh banyak oknum RW seperti demikian, sistem sekarang RW seolah2 punya kuasa penuh, hanya siapa yg dia sndiri kehendaki dikasih bantuan. bukan atas dasar siapa rakyat yg betul2 harus dibantu! Silahkan bikin sistem pengecekan atau apapun entah mau lewat aplikasi trbuka online atau ada pengawas RW aparatur Desa, lihat dibawah seperti apa kondisi sebetulnya. Bukan hanya pemerintah di atas yg menggembor2kan bantuan tapi ke rakyat yg betul2 harus dibantu malah gk nyampe gara2 banyak oknum2 dibawah yg serakah! pdhl menyangkut perut hidup mati rakyat. Semoga para wakil rakyat yg kami pilih kami percayai masih ada yg amanah dan mau melindungi kami, kpda siapa lagi kami bisa berharap?

3 Likes

Sya sangat setuju kenapa ngk transparan amplikasi sapawarga hanya buat rw saja.ini akan membuat mereka leluasa melakukan nepotisme hanya buat keluarga mereka aja… kami haya trus dijadikan penonton ke tida adilan rt rw setempat… ciontoh nya di kampung sya yg mendapatkan blt hanya dijatah seumpamanya 15kk lalu rt rw siap siap dengan jatah mereka 1rw ada 4rt bayangin kalo jatah stu rt 3kk itu buat anak menantu mereka terus kk kmi yg masuk disimpan dimana karna kuotanya udah abis ama keluarga rt rw setempat… apa tepat program sapawarga ini yg haya dipegang rw saja… tanpa trasparansi yg benar.

1 Like

ini maksudnya gimana udh di tindak lanjut tp bantuan nya blm juga datang

Sampurasun @Herry

Bila status aduan sudah “ditindaklanjuti”, silakan menunggu hingga bantuannya datang ya.
Anda juga dapat melihat dan mencari data penerima bantuan sosial, serta dapat juga melakukan pengawasan dengan penerima bantuan sosial yang tidak tepat sasaran melalui website Pusat Data Penerima Bantuan: https://bansos.pikobar.jabarprov.go.id/

Hatur nuhun.

pa ko saya cek no aduan ga bisa ya.muter2 trus apaka no TLP sy di blok ap no aduan sy jg di blok jg no aduan sy 92927.92931.92933.95446.tlong di bantu mksi

Pa bansos tahap 4 kapan cair ya

Sampurasun wargi Jabar!

Semoga wargi dalam keadaan sehat, Aamiin.

Saat ini Bantuan Sosial Provinsi (Banprov) telah mencapai tahap III dan dianggarkan untuk dapat lanjut hingga Banprov tahap IV, namun belum diputuskan apakah akan dilakukan pembukaan pendaftaran untuk Banprov tahap IV atau tidak. Apabila telah mendaftar pada verval Banprov tahap III mohon bersabar karena data sedang diproses dan mohon menunggu pengumuman selanjutnya.

Demikian yang bisa kami sampaikan, semoga pandemi ini segera berlalu serta semoga anda selalu diberikan kemurahan dan kemudahan rezeki oleh Tuhan YME.

Hatur Nuhun