Bantuan sosial orang nya itu2 aja

Mantaaappp… penerima bantuan sembako,BLT dan bantuan lain yg dapat orangnya itu2 aja. Mungkin yg dapat bantuan di desa bojongkoneng rw 19 ngamprah kbb hanya untuk orang2 terdekat rw saja… padahal masih ada yg sangat membutuhkan malah tidak mendapat bantuan apa2…

7 Likes

Sampurasun @gaus_coll.

Bantuan sosial diberikan dengan mekanisme penyaringan yang ketat, terpilih dan juga dengan keterbatasan kuota bantuan. Apabila anda belum mendapatkan bantuan dimohon untuk bersabar karena data yang kami terima sangatlah banyak.

Hatur nuhun.

Kl sy boleh tau untuk 1 KK apakah bisa menerima lebih dari 1 bantuan dr pemerintah kang?sedangkan sy tidak menerima 1 bantuan pun dr pemerintah.trm ksh

1 Like

Sampurasun @Yanto.

Penting untuk diketahui bahwa:
Bantuan di atas hanya untuk keluarga miskin dan rentan miskin terdampak COVID-19
Setiap Bantuan berbeda-beda nilai dan jenisnya
Setiap Bantuan berbeda-beda kriteria sasaran penerimanya.
Penerima Bantuan HANYA menerima satu jenis Bantuan saja.

Sebelumnya sudah pernah didata oleh RT/RW atau Pemerintah Desa setempat? atau coba laporkan aduan anda lewat fitur Aduan pada Aplikasi Pikobar.

Hatur nuhun.

bagus nya kroscek langsung lapangan kang, sapertos sayidina umar, meh apal…margi banyak juga yg dobel program…kalaupun telah buat aduan, tetap saja data yg diangkat hasil dari olahan aparat setempat.

3 Likes

Sama gak terdaftar di pkh,BLT apa lagi bansos lewat doang.yg dapet cuma org2 dket Ama RT baru di kasih.yg gk dket mah lewat,kp serikat RT 003 001.cilebut,emang sih KTP saya bekasi.tapi saya terdampak di bogor.terus gmn ini gk adil

1 Like

dengan bikin aduan di pikobar otomatis anda akan masuk daftar non-DTKS…itu kata admin nya :grinning:.

Sampurasun @Asep_Godeg.

Baik terima kasih kang atas masukannya, kami akan coba sampaikan pada OPD terkait untuk memonitor di lapangan.

Hatur nuhun.

1 Like

Sampurasun @Elin_Nafsiyah.

Coba laporkan aduan anda lewat fitur Aduan pada Aplikasi Pikoar.

Hatur nuhun.

kan ada SATGAS/kelurahan kang…yg update

Saya di tlp oleh nomor 02188958180,dia bilang bahwa saya mendapatkn bantuan sembako yg didaftar lewat pitkobar, karna saya merasa pernah daftar lewat ADUAN maka saya meras bahagian
Cuman dia nyuruh bantuan bansosnya dibawa di pkk kota bekasi,sedangkan posisi saya jatiwaringin pondokgede dan tidak punya kendaraan

Apakah benar bantuan bansos tersebut yg daftar lewat pitkobar harus dibawa

Dan bantuan tersebut hanya sembako, karna yg saya tau diberita bahwa bantuan dari prov jabar sembako dan uang tunai.

Nomor tlp tertera diatas, maaf klau saya salah tkutnya oknum

Tapi banyak satu keluarga mendapatkan 2 kartu, dan yang lain tidak mendapatkan. Padahal sama-sama miskin, coba cek ke lapangan bukan hanya cek data pak.
:pray:
Ada yang istrinya mendapatkan PKH suaminya mendapatkan sembako. Ada yang orang tuanya atau saudaranya yang telah meninggal dan mendapatkan bantuan, dan diambil padahal dia juga mendapatkan bantuan. Sementara banyak orang lain yang tidak mendapatkan.

4 Likes

@Gue_Loe memang sepertinya yg sangat butuh bantuan tp blm dapat hrs bs legowo/nerima aja krn mgkn bagi pemprov sdh AKB jd sdh tdk perlu disalurkan deui.
Sama kang seperti saya jg sdh dari april buat aduan tapi sdh hampir 4 minggu status aduan ditindaklanjuti dan validasi sapawarga terus menerus tanpa kejelasan.
Ya hnya bs tunggu, sabar dan tabah sembari cari solusi sendiri, apa yg msh bs dijual klo ga ada lg yg bs dijual ya serabutan cari kerjaan atau pinjaman…hrs gmn lg pdhal klo bantuan pemerintah tdk kacau pendataan atau jd bancakan ladang korupsi dan rata yg membutuhkan bs dapat bantuan, maka lumayan menolong kami rakyat kecil terdampak covid ini walau tdk mencukupi dgn nilai 600rb tp lumayan bs menolong/ckp membantu…
Tp semua mimpi doang…

1 Like

Maaf kang @bagus_MO…kalau penyaringan nya ketat…serta ada kuota penerima ny…harus ny di semua daerah kang…ko di daerah saya…RW tetangga saya yg dpt pensiunan pun dpt BANSOS sedangkan di RW sy…hanya beberapa yg dapat…itupun yg pertama pendataan ny pilih"…

Sampurasun @koes_mayadi.

Baik saya coba konfirmasi terlebih dahulu kang. Hatur nuhun.

Sampurasun @emma_komalawati.

Betul teh, dibantu monitor oleh RT/RW atau Pemerintah Desa. Namun, terjadi beberapa kendala yang ada di beberapa tempat/wilayah yang datanya belum terupdate dan adanya data aduan yang ganda. Kami sedang coba perbaiki.

hatur nuhun.

Sampurasun @Gue_Loe.

Baik kang, kami coba konfrimasi kepada dinas sosial setempat.

Hatur nuhun.

Sampurasun @Colty_Wiyono.

Kami coba usahakan sebaik mungkin dan seadil mungkin kang. Dalam prosesnya dana alokasi diberikan secara bertahap/bergelombang dan apabila dalam prosesnya belum mendapatkan bansos, bisa saja data aduan sedang dipindahkan pada tahap/gelombang selanjutnya.

Dimohon untuk pengertiannya. Hatur nuhun.

2 Likes

Baik kang @bagus_MO saya sdh sangat sabar dan kurang pengertian gmn lg ya kang…sdh terhitung 3bln kang aduan msh terus ditindaklanjuti, org lain sdh ada yg nerima bantuan tahap 2 bahkan sampai dobel tp saya sekeluarga blm nerima bantuan satupun.
Sebenernya kami semua yg mengadu di pikobar ini kan cuma memohon adanya bantuan yg dijanjikan karena kami butuh dan penting adalah adanya kejelasan.
Jgn di PHP bahkan dilempar sana sini kami yg sdh lg kesulitan ini…itu aja kang.

3 Likes

Sampurasun @Colty_Wiyono.

Terima kasih atas perhatiannya, dalam prosesnya juga kami bekerjasama dengan tim Jabar Bergerak untuk membantu masyarakat yang benar-benar membutuhkan (mendesak). Kami mohon maaf kang, apabila kami tidak bisa memberikan yang terbaik dan membantu dengan cepat dikarenakan memang ada proses alur penyaluran bantuan sosial.

Saya kasih ilustrasi gambarnya seperti berikut.


Atau lebih lengkapnya kang Colty boleh cek di headline website https://bansos.pikobar.jabarprov.go.id/.

Hatur nuhun…