Belum ada kejelasan aduan bantuan

Assalamualaikum akang/teteh admin saya mohon bantuan untuk cek aduan saya yg sampai hari ini statusnya masih Ditindaklanjuti-Sapawarga dengan catatan Aduan tahap verifikasi dan validasi di Sapawarga tapi belum ada kejelasannya. Haturnuhun.

Sampurasun Teh @eidniw,
Harap ditunggu saja Teh. Prosesnya memang memerlukan waktu.

Hatur nuhun.

Mungkin data nya sedang di validasi @eidniw baraya tdk sendiri mengalami status ditindaklanjuti dalam fitur aduan pikobar. Baraya wargi jawa barat yang sama diantara nya yang aktif dalam forum yakni ada kang @Ade_Rohimat @Colty_Wiyono @D0resta_Resta @larenda.rangkuty @Antragha dan baraya warga jabar lainnya yg buanyak serupa case nya dengan @eidniw.

" Pesan dari pemangku kepentingan : Bersabar Banyak"

Bantuan pemrov diberikan 4 kali semenjak bulan April 2020 : tahap 1, Mei 2020 tahap 2, Juni 2020 : tahap 3, dan terakhir Juli 2020 : tahap 4, nah saya pribadi yang fakir ilmu dan fakir informasi bertabayun kepada akang, teteh admin pikobar @Alwi_MO @bagus_MO @Iip_Latipah @pikobar.admin dan saya pribadi selaku bagian dari baraya wargi jawa barat dan mewakili baraya wargi jawa barat yang menanyakan pertanyaan serupa dengan pertanyaan yakni :

  1. Sekarang sudah memasuki bulan Juli 2020 akan tetapi bantuan tahap 2 belum saja tersalurkan, sedangkan informasi bahwa bulan Juli 2020 merupakan tahapan 4 penyaluran bantuan. Nah yg menjadi pertanyaan apakah di bulan Juli penyaluran diberikan 3 kali langsung? atau bagaimana proses serta tahapan dari penyaluran bantuan tsb?
  2. Status dari pada fitur aduan pikobar dengan status DITINDAKLANJUTI atau DISPOSISI atas permohonan Bantuan status permohonan bantuan via pikobar tsb apakah : Dipastikan Akan Mendapatkan Bantuan sesuai dengan ADUAN nya? atau Belum Tentu Akan Mendapatkan Bantuan sesuai ADUAN nya?
  3. Mohon diralat apa bila saya salah, dmn status DITINDAKLANJUTI pada aduan yang dikirimkan ke pada fitur aduan pikobar menunggu verval sapa warga berarti apakah alur nya ;
    Aduan di pikobar >> status ditindaklanjuti >> verval sapa warga : persetujuan dari misal nya RW melalui aplikasi sapa warga dimana RW menyetujui permohonan bantuan melalui aduan pikobar ; bantuan akan diberikan, apa bila tdk ; bantuan tidak akan diberikan apakah alur nya seperti itu kah?
  4. Apa bila bantuan belum mendapatkan di bulan Juli 2020 dan terakhir tahap 4 di bulan Juli 2020 apakah permohonan bantuan tsb TDK dan BELUM pasti akan mendapatkan Bantuan? Sedangkan permohonan bantuan melalui fitur aduan pikobar telah dilayangkan pada bulan April 2020.

Demikian, mohon informasi dan jawaban atas pertanyaan agar bisa menjawab atas kerisauan para wargi jawa barat yang mungkin terwakili dari pertanyaan saya tsb.

Jaga kesahatan, Berkah Berlimpah Rezeki, dan tetap Bersabar Banyak

Allahumma shali ala sayyidina Muhammad wa ala ali sayyidina Muhammad.

5 Likes

Alhamdulillah terimakasih akang/teteh @Mulia sudah mewakili pertanyaan dan unek unek kami. Semua pertanyaan diatas itulah yang ada di pikiran kami. Benar kami berharap dapat bantuan dari pemerintah tapi saya pribadi juga tetap berusaha berjuang demi kelangsungan hidup dengan membuat kue basah dititip ke warung walaupun belum banyak. Terimakasih atas dukungan dan doanya. Doa yang sama untuk akang/teteh @Mulia dan baraya semua. Semoga Allah mendengar dan mengabulkan, aamiin allahumma aamiin.

Insyaa allah masih bersabar menunggu kejelasan dan tetap berusaha. Haturnuhun.

Mengutip captipn yang dibuat oleh kang Emil dalam IG resminya beliau (bukan HOAX)

NASEHAT DARI ULAMA,

Saat diskusi online, ada nasehat @aagym untuk jiwa-jiwa yang berkesusahan karena covid, namun masih ingin berjuang sampai detik terakhir sebelum tangannya mengulur dari bawah menerima bantuan tangan dari atas.

PERTAMA :

Yakinkan hati bahwa Allah akan menolong kita dengan caraNYA. Dibalik kesulitan selalu ada kemudahan.

KEDUA :

Jika pendapatan kita hilang oleh covid. Ikhtiarkan dengan gunakan tabungan kita di saat-saat seperti ini. Tujuan menabung bukankah juga untuk dipergunakan di saat-saat sulit dan darurat.

KETIGA :

Gunakan aset yang kita punya untuk dijadikan benteng terakhir jika tabungan sudah tidak punya. Menjual perhiasan, tanah jika ada dan barang2 bernilai ekonomi lainnya.

KEEMPAT :

Jika tabungan habis dan aset pun sudah tidak ada. Barulah meminta pertolongan. Pertama kepada keluarga, sanak saudara dan terakhir meminta kepada negara. ——————————————-

Negara memang wajib membantu warganya yang berkesusahan. Bantuan dalam bentuk keringanan aturan, subsidi pajak sampai bantuan sosial pangan.

JADI Bantuan sosial dari pemerintah hakekatnya hanya diberikan kepada mereka yang sudah habis atau tidak punya tabungan dan habis asetnya untuk bertahan mandiri.
Semoga nasehat bisa menjadi butir-butir renungan. Semoga banyak yang berkesusahan masih mau berjuang mengikuti nasehat para ulama ini.

Semoga denga ikhtiar dan doa, #kitapastimenang melawan covid-19 ini.

sudah dilakukan upaya permohonan bantuan kepada pemerintah tp skrg upaya tsb belum menunjukan sesuatu proses baik dan mudah seperti yang dikatakan resmi oleh kang email

2 Likes

Sampurasun Wargi.

Berikut terlampir tautan untuk bisa dilihat kembali penjelasan alur bantuan sosial baik Bansos DTKS maupun Non-DTKS yang mana perlu proses dalam pendataan sampai penyalurannya. Hatur Nuhun.

1 Like

Sampurasun wargi Jabar

Terima kasih atas pertanyaannya yang sangat bagus. Terkait bansos 4 tahapan tersebut, saat ini sedang menunggu pengesahan KepGub tentang daftar penerima bansos oleh Pak Gubernur Jabar. Untuk pertanyaan di atas, berikut kami uraikan jawabannya:

  1. Tidak ada rapel banprov untuk yang dapat di gelombang susulan. Orang yang baru dapat di bantuan tahap II atau selanjutnya tidak akan mendapatkan rapel dari bantuan yang terlewat.
  2. Betul, semua yang masuk ke aduan pikobar yang sifatnya pengajuan bansos akan direcheck apakah yang bersangkutan sudah terdata/mendapatkan bansos dari pintu lain atau belum, jika belum maka akan direkomendasikan sebagai calon penerima banprov dan ditindaklanjuti untuk diverval RW melalui Sapawarga
  3. Jika RW tidak melakukan verval atau belum menggunakan Sapawarga, makan akan diverval di level selanjutnya oleh Desa/Kelurahan, Kec, Kota/Kab, dan seterusnya.
  4. Jadwal penyaluran dinamis, tidak mengikuti perencanaan sebelumnya, sisanya mohon menunggu informasi resmi dari kami ya :pray:

Terima kasih atas saran dan masukan bapak, saran dan kritik kami terima untuk perbaikan sistem yang lebih baik. Mohon ditunggu karena bansos tahap II akan segera disalurkan.

3 Likes

Sampurasun @bagus_MO @Alwi_MO @Iip_Latipah @pikobar.admin mohon dibantu tracking lg ya Pak, sudah sampai mana. Aduan
ID 84300
ID 84303
NIK : 3202265507690002
Nama : Dasiah
Alamat : Kp. Batucolat RT/RW 005/011 Kel. Cikangkung Kec. Ciracap Kab. Sukabumi
Hatur Nuhun :pray:

Sampurasun wargi jabar

Aduannya saat ini masih berstatus “Belum Diverifikasi”, artinya sedang diproses dalam status Cek Aduan. Mohon ditunggu ya pak. :pray:

Hatur nuhun.

Mas mohon bantuannya saya atas nama thio Ay Lie alamat jl kesambi dalam GG lapangan bola 4 no 204 Cirebon no nik 3274054607520003 nama saya tercantum ABG penerima bansos tapi sampai saat ini blm dpt mas…

Sampurasun @thioaylie_52.

Untuk penyaluran bantuan sosial tahap 2 belum dilaksanakan dan akan segera disalurkan secepatnya. Dimohon untuk menunggu informasi selanjutnya.

Hatur nuhun.

Selamat sore pada tanggal 12-07-2020 di RT 01/18 kelurahan Cibabat ada pembagian bansos provinsi tahap 2.saya terdata di pikobar NIK 3277031505860003 atas nama DANAR HADI tpi nyatanya saya tidak dapat bansos,dikarenakan pada tahap 1 saya sudah dapat bansos.memang mekanisme nya seperti itu

Pada tahap 1 saya dapat bansos provinsi tapi pada tahap 2 saya tidak dapat yg dapat hanya 5 orang dan itupun harus di bagi 2 dengan yg belum mendapat

Sampurasun @Danar_Hadi.

Untuk saat ini, dimohon untuk menunggu informasi selanjutnya dari kami karena ada perbaruan data mengenai bantuan sosial tahap 2 Non-DTKS.

Hatur nuhun