Berapa Harga Vaksin Gotong Royong?

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan resmi menetapkan harga pembelian vaksin COVID-19 untuk layanan vaksinasi gotong royong yang tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/4643/2021.


Dalam Kepmenkes tersebut, harga pembelian vaksin produksi Sinopharm melalui PT Bio Farma (Persero) dan tarif maksimal pelayanan untuk pelaksanaan vaksinasi gotong royong sebagai berikut:

  • Harga pembelian vaksin sebesar Rp 321.660 per dosis
  • Tarif maksimal pelayanan vaksinasi sebesar Rp 117.910 per dosis

Harga tersebut merupakan harga tertinggi vaksin per dosis yang dibeli oleh badan hukum atau badan usaha, termasuk keuntungan dan biaya distribusi. Sedangkan, tarif maksimal pelayanan vaksinasi merupakan batas tertinggi yang dilakukan faskes milik swasta, sudah termasuk margin 15 persen, tetapi tidak termasuk pajak penghasilan. Jadi, Biaya tersebut yang akan dibebankan pada badan hukum/badan usaha yang telah mendaftar melalui KADIN (Kamar Dagang Indonesia), sedangkan untuk penerima vaksin tidak dipungut bayaran/gratis.

Vaksin gotong royong ini diharapkan sudah terlaksana pada akhir mei 2021 dimana salah satu vaksin Covid-19 yang akan digunakan dalam program vaksinasi gotong royong adalah vaksin Sinopharm yang sudah tersedia 500.000 dosis dari 7,5 juta dosis. Selain itu, pemerintah juga menyiapkan 5 juta dosis vaksin Covid-19 yang dikembangkan perusahaan CanSino Biologics, China, untuk mencukupi kebutuhan vaksinasi gotong royong.