informasi bansos melalui RT/RW desa setempat tidak transparan kurang nya menginformasikan ke warga

Bagaimana caranya mendapatkan bantuan pemerintah sedangkan saya tidak terdaftar.
Dengan keadaan yang seperti ini, terdakpak covid-19, saya sudah 4 bulan tidak mendapatkan pekerjaan, bahkan untuk membayar sewa rumah (kontrakan) pun harus nunggak. Apalagi dengn biaya sehari hari.
Mohon kepada pemerintah, pejabat terkait untuk menindak lanjuti ke adaan saya yang sangat membutihkan bantuan.
Alamat saya kp. Sukatani. Rt. 03. Rw. 05.desa.cililin. kec. Cililin. Kab. Bandung barat.

1 Like

Sampurasun Kang @Ayya_Ndra,

Kalau berkenan silahkan membuat aduan mandiri di fitur aduan pada Aplikasi Pikobar atau lapor ke RW setempat untuk didata.

Hatur nuhun

Sy udh buat aduan sudah mau 2 bulan kurang 5 hari status di tindaklanjuti tp sampai sekarang belum ada kejelasan yg betul2 jelas. Dr perangkat desa sampai ke tingkat Rt/Rw tidak transparan siapa2 saja yg berhak mendapatkan bansos, dan tidak ada informasi apapun.
Apakah ada no telp untuk pengaduan/tindakan yg langsung di tindak?
Apakah ada surat terima kalau sudah mendapatkan bantuan?
Profesi utama saya sbagai pekerja harian/ojol, apakah ojol berhak mendapatkan bansos?
Mohon petunjuk
Terima kasih

1 Like

Sampurasun @sya_ipul.

Silakan untuk menghubungi dinas sosial kabupaten/kota terdekat teh. Hatur nuhun.

Utk apa aplikasi ini ada fitur aduan kalau harus ke dinsos kabupaten!!!
Saya buat aduan sampai 2 kali, tetapi saya cek di kolom aduan, ternyata aduan saya tidak ada di kolom aduan, terakhir saya lihat aduan pertama di tindak lanjuti & aduan kedua proses, beberapa hari kemudian saya cek di menu aduan malah ga ada. :pensive:

Sampurasun @sya_ipul.

Untuk lokasinya dimana ka? saya coba bantu mencari hotlinerr kab/kotanya.

Mengenai masalah data yang hilang, boleh saya minta no aduannya? saya coba tracking kembali.

Hatur nuhun.

Punten pa sekarang cek aduan knp jd ga bisa ya, sudah masukin nomer id aduan tetep aja ga keluar? Terahir seminggu yang lalu masih bisa d lihat status masih di tindaklanjuti

Sampurasun @iiyuliyantie.

Boleh saya minta nomor aduan/NIK/No HPnya ka?

Hatur nuhun.

Assalamuallaikum,pami sistem pembagian bansos anu d Rt/Rw teh kumaha,kumargi d daerah abdi mh teu aya transparansi atanapi sosialisasi ti aparat Rt/Rw setempat ? Janteun sok aya kecemburuan sosial…

Sampurasun @Dyandra_Aurina.

Sebelum sistem pembagian bansos yang akan diberikan oleh PT Pos itu ada pendataan sebelumnya dari RT/RW atau Pemerintah Desa yang dilakukan melalui aplikasi Sapawarga. Punten teh apabila memang belum ada sosialisasi atau kendala Sapawarga untuk Ketua RW, bisa langsung menghubungi Admin Desa/PLD(Pendamping Lokal Desa). Jika admin desa/PLD tidak tahu, sampaikan ke admin desa/PLD untuk menghubungi kami via WA. (+62 812-2008-2668 atau https://s.id/HotlineSW)

Hatur nuhun

Mgkn memang instruksinya utk diem2 aj…senyap.
Memang aneh soal bansos ini, penentu adalah kelurahan/desa/RW tp knp saat bnyk yg salah sasaran dibiarkan aj, tdk diperbaiki??
Saya bln maret diminta ktp/kk, april buat aduan pikobar, lalu status ditindaklanjuti sapawarga dan jumat minggu lalu dipanggil kelurahan utk verval dan hingga tgl 21 juli ini tdk ada kbr lanjutannya, cek aduan jg tdk bs tp dicek oleh tim pikobar bisa / msh ada aduannya.
Tiba tiba tim pikobar blg aduan sdh ditolak ga lolos verval krn sdh tdk ada di web aduan dan klo mau buat aduan lg utk tahap 3…!! Hellooww…?? :joy:
Sungguh luar biasa kacau ya…seenaknya bgtu.
Saya dari april sdh disuruh menunggu…cuma dikerjain doang.
Silakan cek turun ke lapangan alamat saya sesuai NIK apa alasan hingga tiba tiba ditolak dan apakah saya butuh bantuan atau tidak…
Jgn lah bgtu dgn rakyat kecil andaikan di posisi saya bs dirasakan kecewa dan marahnya diprank janji palsu bantuan.
Maaf bila ada yg salah kata tapi ini faktanya.
Hatur nuhun

Alhamdulilah Setelah Berpuluh2 Tahun Saya Tinggal, Baru Kepengurusan Kali Ini Saya Tidak Di Anggap Sebagai Warga Setempat, Alhasil Semua BANSOS Di Mulai Kloter 1 Sampai Sekarang Mau Ke Keloter 4? Nol Besar, Isu2 Ada Perbaikan Data, Alhamdulilah Keluarga Kami Hanya Lewat Saja? Nista, Maja, Utama…Amarah Sudah Di Puncak Alhasil PINDAH KK Saja

Sudah cek wesbite solidaritas tp s.d skrg web tsb ga bs d buka ya kang @pikobar.admin @Alwi_MO @bagus_MO. Apa masih ada gangguan?

Betul kang, masih maintenance hingga saat ini. Mohon ditunggu ya. :pray: @Mulia

Kaya y maintenance sampe beres bansos y meren kang hmpura kang epek di tolak jd kieu

Atuh jangan sampai pas bantuan bansos selesai kang @Harun semoga aj bs segera selesai kembali normal website nya. Amin