Penutupan jalan umum krn PSBB

Maaf, saya mau tanya, rumah saya berada di komplek yang mempunyai 2 akses jalan untuk keluar masuk, karena PSBB salah satu akses jalan ditutup total (diportal) full 24 jam, menurut pak rt itu diperlakukan karena peraturan PSBB jabar, tapi setelah saya baca peraturannya tdk ada hal spt itu. Apakah memang di hrskan spt ini?

Sampurasun @Paula

Memang betul tidak ada peraturan penutupan jalan komplek, sepertinya itu merupakan penerapan kebijakan masing-masing yang disesuaikan di setiap daerah agar memudahkan memantau warga yang keluar-masuk karena hanya dari satu pintu.

Hatur nuhun.

Berarti PSBB itu sama dgn lockdown ya pak.

PSBB dan Lockdown mempunyai perbedaan.

PSBB meliputi hal-hal berikut ini:

  1. Peliburan sekolah dan tempat kerja.
  2. Pembatasan kegiatan keagamaan.
  3. Pembatasan kegiatan di tempat atau fasilitas umum.
    Pada dasarnya banyak kegiatan masih berjalan, seperti moda transportasi dan ekonomi. Hanya saja, dalam pelaksanaannya diatur oleh protokol kesehatan dan dibatasi.

Sementara Lockdown adalah sebuah situasi di mana masyarakat tidak diperbolehkan sama sekali untuk masuk atau meninggalkan sebuah bangunan atau kawasan dengan bebas karena suatu alasan darurat.

Beberapa negara yang menerapkan lockdown akibat pandemi virus corona mempunyai sejumlah peraturan spesifik masing-masing. Misalnya, lockdown di Wuhan mewajibkan seluruh warga untuk tetap tinggal di rumah, akses keluar masuk wilayah ditutup, dan seluruh alat transportasi umum dihentikan.

Pak, mohon info, skrg udh masuk masa AKB, tapi jalan umum dikomplek saya masih ditutup dgn alasan yg tdk jelas dan terkesan rt nyamengada2 sj, apakah memang harus spt itu? Menyusahkan warga? Saya mau keluar komplek muter2, ngabisin bensin aja deh. Ini sih percuma bayar pajak akhirnya malah menyulitkan saja.