RT/RW Tidak Mendata

Sampurasun Wargi

Beberapa waktu ke belakang saya kami dapat aduan bahwa terdapat RT/RW yang tidak mau mendata warganya karena alasan yang tidak sesuai, misalnya:

  • Sesuai kriteria penerima bansos, namun tidak didata oleh RT/RW setempat
  • Pendatang/perantau yang seharusnya mendapatkan bansos namun tidak didata

Kami akui, meskipun RW sudah diarahkan pemerintah untuk melakukan pendataan, namun kenyataannya di lapangan masih terdapat beberapa yang kurang mengerti atau tidak menjalankan sesuai prosedur.

Oleh karena itu, bagi warga yang merasa berhak namun mengalami kendala seperti di atas, dapat mengirimkan informasi via pesan personal atau di kolom jawaban. Informasikan Nama Lengkap, No KK, No HP, Alamat KTP, dan Alamat Lengkap Domisili (saat ini). Kami coba mendata dan mengusahakan solusi bagi warga sekalian.

Tanpa mengurangi rasa hormat, kami pun mengapresiasi penuh terhadap seluruh ketua RW yang sudah bertanggung jawab membantu warganya dengan tulus dan sepenuh hati.

Namun, perlu ditegaskan kembali. Bila memang kondisinya tidak sesuai kriteria penerima bansos, mohon untuk tidak memanipulasi data ya, karena RW setempatah juga lah yang menilai kondisi warganya yang berhak menerima.

Hatur nuhun!

5 Likes

Ass wr wb… kami ngk memungkirin masih banyak rt rw yg jujur yang menjalankan amanah rukun nya.memang dalam hal apapun pasti ada pro kontra nya pendapat oelh karna itu sya bersyukur dengan adanya musibah ini hususnya daerah jabar akhirnya bisa mengetahui dan memantau para pinpinan dan para petugas kami apa bener karna tugas sosial apa karna khususson buat sosial mereka wallohu allamm… kami disini yg menyimak langsung dilapangan waloupun bayak bukti tapi susah buat ngebuktiinnya karna kami takut jadi barang bukti akhirnya jadi di bui, banyak yg ngambil keuntungan dari bansos bansos pemerintah, banyak yg merasa sya kena dampak sya harus dapet kenapa sya ngk dapet ahirnya cemburu sosial yg meledak yg bikin kepala kami panas… kami terutama sya udah ngk berharap apapun dari pemerintah karna tanggapan sya udah berbulan bulan sampai saat ini belom juga ada hasilnya, lapar… marah… Kecewa… ngk percaya… jadi sarapan disaat bangun pagi… tapi sya percaya sngat percaya ""alloh yg mengetahu derita hambanya… "…sya mohon dalm berdoa mudah mudahan wabah ini cepat selesai dan sya bisa bekerja lagi kya sedia kala, dan ngk berharap sama harapan yg ngk jelas… buat pinpinan kami yg dari bawah rt, tw kepala desa pemkot,pemprop …dengarlah jeritan ribuan rakyat anda yg sedang berharap waloupun untuk sepaket sembako itu sangat berarti bagi mereka…
sya takut dri jeritan ribuat rakyat anda di dengar oleh yg maha kuasa…nauudzu billah himinndzalik …segala kuasa ada ditangannya…

4 Likes

Di daerah saya Kab. Bandung Barat, kecamatan Cipongkor Desa Cicangkanghilir…
Yang mendapatkan bantuan itu saudara2 pak RW, pak Kadus, dan saudara2 pemdes lainnya…
Ketika RT mendata, berkas2 diseleksi lagi di tingkat RW dan Desa jadi yang tadinya RT tdk merasa mendaftarkan pun malah dapat bantuan karena YBS adalah saudara dari Kadus dan RW, bahkan ada penerima bantuan double… Tolong ditegur karena Pemdes pun seperti tak mau di kritik min…

3 Likes

Maaf kang,di daerah saya ini ada bansos dari pemprov alhamdulillah sudah turun,tpi yg jdi permasalahnnya selang beberapa hari ada bansos berupa BLT dari kemensos, nah kebetulan yg mendaptkan bantuan itu adalah orang2 yg sudah mendaptakan bansos pemprov, tpi tidak semua,yg semula mendapatkab bantuan pemprov ada 21 warga, tpi yg kemudian mendapatkab bantuan BLT kemensos hanya ada 17 org, sudah pastinya itu menimbulkab pertanyaan smua warga, mohon penjelsannya, hatur nuhun​:pray::pray::pray:

1 Like

Bismilah
Sampurasun
Daftar penerima bansos
Nama : cucu supriatna
No kk: 3273122908106232
No hp: 08987435653
Alamat: jln cibangkong
Rt/10. Rw/11
Kelurahan : cibangkong
Kecamatan: batununggal
Kota : Bandung
Alamat domisili; jln cibangkong
Rt/10 Rw/11
Kelurahan: cibangkong
Kecamatan: batununggal
Kota: Bandung
Hatur nuhun

Tidak ada sosialisasi,Rt/Rw… pak.

Saya khususnya belum pernah mndapatkan bantuan apapun dari desa…pendemi sudah 3bulan tp bantuan blum juga menjamah warga tolong dong dipantau pemerintah pusatnya…sidak desa kami kami butuh keadilan bukan adil tapi keadilan…

Sampurasun wargi

Terima kasih atas laporannya bu, akan kami tindaklanjuti @Intan_Andini

Sebetulnya bila terjadi hal seperti ini, pihak RT/RW perlu mendata kembali warga yang dapat bantuan kemensos agar dihapus dari penerima banprov. Warga dapat menyampaikan ke RW-nya ya pak, lalu untuk bansosnya harus dikembalikan ke Pos Indonesia. Laporannya saya tampung ya, mohon diinformasikan daerah dan alamat lengkapnya pak. @Priyatmoko_Sudrajat

Mohon informasikan daerah dan alamat lengkapnya ya pak @Andi_Suripto77

Hatur nuhun.

Sampurasun @Puji

Bila ingin mendaftar bansos mohon diadukan lewat Aplikasi Pikobar ya :pray:

Hatur nuhun.

-Ahmad Husein
-3204282505110240
-082121214565
-Jl. Sedap Malam 5 No. 54 RT 05 RW 09 Kel. Rancaekek Kencana Kec. Rancaekek
-Jl. Babakan Jati Mulya 5 No. 51 RT 09 RW 07 Kel. Gumuruh Kec. Batununggal

@pikobar.admin @Ayi_Pikobar
Nama : aam permana
No. Nik. : 3277020107640104
No. Kk : 3277022011061812
No. Hp : +6285759031968
Alamat ktp : jl. Kebon kopi gg. H. Jalal no. 105 rt/rw 002/008 cibeureum cimahi selatan
Alamat lengkap : kihapit barat no. 17 rt/rw 012/009 leuwigajah cumahi selatan

1 Like

tiga bulan sudah saya di rumahkan dan suami sudah di phk, kordinasi lewat aduan tapi belum ada tanggapan.

@pikobar.admin @Ayi_Pikobar
Nama : intan ramadhan
No. Nik. : 3277024403940009
No. Kk : belum punya masih diurus
No. Hp : +6281322277122
Alamat ktp : jl. panday, bbk nanjung no 110 rt03 rw07, kelurahan karangmekar, kecamatan cimahi tengah

Sy SDH memberikan data diri saya lalu sy tdk mendapatkan bantuan aapun.tapi mana malah skrng suruh ngisi data lagi.biar kelihatan ditanggapi doang atau gimana sih.nih sy cantumkan diri saya lagi kalau gak ada bantuan sama sekali emang dagelan doang.negara pewayangan ini.semua tergantung dalang.gak bedanya sama dunia Maya.
Yulianto
Hp 081282542728
Nomor KTP 3172032507710003
Nomor KK 3172031501093464
Alamat domisili
Kontrakan Abdul Kadir jaelani
Jalan masjid Nurul Mubin rt02/rw010 kp.lagoa Tarumajaya desa setia mulya Bekasi utara
17213

2 Likes

Sampurasun Wargi…

Mohon melakukan pengecekan melalui laman https://bansos.pikobar.jabarprov.go.id. Jika ada pertanyaan lain dapat menghubungi no hotline bansos di link tersebut.

Hatur Nuhun.

@pikobar.admin @Priyatmoko_Sudrajat @Alwi_MO @bagus_MO @Iip_Latipah @Anovanmr
Sampurasun
Kalau menurut saya pihak rt/rw jangan diarahkan mendata lagi kang @Alwi_MO karena akan menimbulkan banyak masalah dan kecemburuan antar warga.lebih baik diarahkan untuk memperbaiki data
Sekedar share pengalaman aja saya termasuk penerima bst kemensos tercatat mau dipikobar atw pusdatin ada.Tapi karena tidak kunjung cair sy coba mengadu ke pikobar ga ada tanggapan saya pun mencari sendiri kemana hilangnya bantuan saya ke rt, rw, lurah, dinsos kota akhirnya saya pun menemukan jawabannya di 2rw karena kebetulan ktp dan domisili saya berbeda rw walau masih 1kelurahan
Bantuan saya hilang karena pendataan dari rt dan rw.masalah" yg timbul karena rt/rw mendata ulang adalah:
1.diforum pikobar banyak aduan bst kemensosnya tidak cair, kenapa?bukan tidak cair tp 100% yg terdaftar di dtks bantuannya berupa bst kemensos tapi tidak terdata ulang oleh rt/rw sebabnya bisa ktp atw kk ny blm selesai diperbaharui,bs pindah domisili,bisa selama ini si penerima tidak tahu terdaftar di dtks karena selama ini dtks/penerima bantuan pemerintah slalu identik dengan pkh dan kartu sembako.
2.menimbulkan fobia kepada rt/rw 100% non dtks/pendataan baru pasti dapat bantuan karena ada 9bantuan di tempat saya tinggal alhamdulillah selesai semua kemarin hanya saya yang tidak kebagian karena memang kk sy belum jd lg ngurus surat pindah.ketika sy bertanya ke rt/rw sesuai ktp tidak 100% dtks bantuannya keterima dgn dalih tidak terdata ulang dan takutnya sudah menerima pkh akhirnya bantuannya pun hilang seperti yg saya alami
3.pendataan ulang akan menimbulkan kasus seperti yg diutarakan @Priyatmoko_Sudrajat /double bansos kenapa bisa terjadi demikian?seperti yg saya utarakan di atas 100% dtks pasti mendapat bantuan bst kemensos walau tanpa di data ulang dan 100% pendataan ulang akan mendapat bansos dari salah satu pintu yg 9.timbullah kasus yg demikian bantuan dari data lama masih dperjalanan bantuan dari pendataan baru dari bansos Pemprov tiba makanya di aplikasi pikobar pun selalu ada yg tertera double nama aplikasi tingkat provinsi aja kebingungan dari pusat data lama cair dari bawah data baru harus cair makanya dilapangan pun terjadi seperti itu.
4.setelah pademi selesai akan menimbulkan masalah baru data orang miskin diindonesia akan bertambah siapa nanti yg akan mendapat pkh?siapa yang terdaftar di dtks?pendataan baru ditengah pademi hanya akan menambah daftar masyarakat kurang mampu,yg terdaftar miskin lama aja selama ini tidak mendapat bantuan semua gimana mau ditambah dengan data miskin baru atw miskin sementara hanya karena phk.
Hemat saya pemerintah daripada menyuruh rt/rw mendata baru alangkah baiknya pihak rt/rw di suruh memperbaiki data bukan memperbaharui data karena:
1.dtks tidak semua dapat pkh,non dtks tidak selamanya akan mendapat bantuan
2.pihak rt/rw jangan terpaku pada data baru tetap berpedoman pada data lama jika perlu perbaikan perbaiki jika perlu penambahan tambahkan dari data baru
3.dtks memang data lama/warisan tapi kan pihak rt/rw bisa memperbaiki yg sudah mendapat pkh,hidupnya sudah mapan atau sudah meninggal tinggal coret ga bakalan ada double bansos semua kebagian baik yg lama atau baru
4.daripada seperti sekarang data lama berbenturan dengan data baru hasilnya banyak dtks yg bansos nya ilang,dan banyak penerima bansos yg double.
Hatur nuhun

2 Likes

Di desa saya ada beberapa yg tdk mndptkn bansos dan d desa sebelah malah banyak yg double menerima bansos… Apakah hrus lapor lewat aduan atau bgaimna kang

Saya merantau dibandung cigadung wetan,Rt 02/05 kel.cigadung kec.cibeunying kaler saya asli jawa tengah,semenjak pandemi ini suami saya gajinya berkurang karna kerjaan sepi(kuli ngirim) mohon pa,apakah saya tidak berhak mendapat bantuan karna saya merantau?
Pdahal ada tetangga saya sama ngontrak tp dia dpet bantuan yg dari gubernur .
Terima kasih

Mksd nya apa ya pa admin klow bacaan nya selesan dan blasan nya cumn setrip aja

@pikobar.admin @Ayi_Pikobar
Nama : Andriyanto
No. Nik : 3216090909990024
No. Kk : 3216090410110041
No hp : 088975810548
Alamat ktp : Kp. Cibeber rt/rw 003/004 Ds. Simpangan Kec. Cikarang utara Kab. Bekasi
Alamat lengkap : : Kp. Cibeber rt/rw 003/004 Ds. Simpangan Kec. Cikarang utara Kab. Bekasi.

Bismillah
Nama : wawan setiawan
Alamat : jl dr muwardi
Gg albarokah rt02 rw10
Kel: muka
Kec:cianjur 43215
No KK : 3203011103111660
No hp : 085900075243
Diantos waleran na htr nhn :pray:
Jawa barat