Seputar Bantuan Sosial Kementerian Sosial 2021

[Seputar Bantuan Sosial Kementerian Sosial 2021]

Sampurasun, Wargi Jawa Barat!

Hingga saat ini Kementerian Sosial terus memperbaiki Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) agar penerima bansos lebih tepat sasaran.

Dilansir dari website Indonesia baik.id, jika kamu mau mengecek data penerima bantuan sosial yang telah disalurkan dan atau masih dalam proses, kamu dapat mengakses aplikasi berbasis web Kemensos dengan cara:

  1. Kunjungi website http://cekbansos.kemensos.go.id
  2. Setelah itu pilih provinsi, kabupaten/kota, kecataman, dan desa tempat Anda tinggal
  3. Ketikkan nama Anda sesuai KTP
  4. Masukkan 4 huruf kode yang tertera dalam kotak kode
  5. Jika tidak jelas huruf kode, klik kotak kode tersebut untuk mendapatkan kode baru
  6. Lalu klik tombol cari
  7. Sistem akan mencocokan Nama Keluarga Penerima Manfaat (KPM), wilayah yang diinput dan membandingkan dengan nama yang ada dalam database Kemensos

Melalui sistem ini, ke depannya DTKS akan ditetapkan setiap bulan untuk mengakomodasi dinamika sosial masyarakat. DTKS juga menghilangkan nama ganda yang terdiri atas terdiri atas penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dengan terlebih dulu berkoordinasi dengan lembaga terkait, yakni Kepolisian RI, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), dan Kejaksaan Agung RI.

Nah alur bantuan DTKS dapat dilihat di bagan ini:

Info lebih lengkapnya Wargi dapat mengakses laman https://cekbansos.kemensos.go.id/

Hatur Nuhun!

3 Likes

Saya sudah pengajuan mandiri untuk pendaptaran masuk k dtks tapi ditolak
Padahal saya sangat membutuhkan bantuan pemerintah

Iya sangat tepat sasaran.yg rumah bagus punya mobil dapet pkh/bpnt.sedangkan sy yg sangat membutuhkan malah gk dapet

Sampurasun. Terkait bantuan dtks dan non dtks dapat melapor ke pengurus rt/rw setempat. JIka dirasa ada penerima KPM salah sasaran mohon dapat laporkan ke pengurus setempat atau melalui fitur aduan di aplikasi Pikobar atau web Solidaritas. Hatur nuhun.

Malam admin
Sejak adanya bansos sampai dengan detik ini sya blum pernah menerima bansos samasekali.
Bagaimanakah caranya agar saya juga bisa menerima bansos tersebut.
Trims admin

Sampurasun akang atau teteh @dd_Ulee. Mohon untuk melaporkan kondisi dan data ke pengurus rt/rw setempat untuk dilakukan pendataan data dtks atau non dtks. Untuk kemudian dijadikan acuan pemuktahiran data bansos periode selanjutnya. Diluar bansos provinsi yang memang sudah tidak ada maka di sarankan untuk di masukan ke bansos pusat kemensos. alur proses pendataan dapat dilihat pada postingan diatas atau melalui tautan berikut Seputar Bantuan Sosial Kementerian Sosial 2021
Hatur nuhun.