SOAL PENANGANAN PASIEN TERPAPAR

Hallo admin.
sya dari desa soreang kec.soreang.
Mau tanya soal keluarga yang salah satu anggota nya terpapar dan di nyatakan positip covid 19.
jumlah anggota keluarga ada 3 orang 1 di antara nya sudh di nyatakn positip dan masih di isolasi mandiri di rumah.nah yang kami khawatir kan sebagai warga sekitar dari sudah di kabrkn positip anggota keluarga sampe skrng blum di swab.kami menerima kabr di hari jumat dan ampe skrng di jadwalkn nya di hari selasa baru keluarga yg serumah nya di swab.
pertanyaan nya.
1.apa harus sampe nunggu berhari hari untuk melakukan swab ke keluarga yg sudah jelas salah satu anggota nya terpapar dan di nyatakn positif?
2. Kenapa pasien yang sudah positif harus datanh sendiri ke puskesmas setempat tampa ada dari dinas keshatan terkait yg langsung datng ke rumah pasien?
Karna disni pasien di suruh datang sendiri atau di antr aparat rt/rw setempat ke puskesmas sedangkn penyeluhan dan apd disni pun tidaak ada yg punya.
hatur nuhun di antos jawaban dan solusi nya.

Sampurasun akang/teteh @shandy_ndy Terima kasih atas pertanyaanya, sebelumnya apakah sudah di laporkan ke hotline Covid Pikobar? Terkait keluarga yang kontak erat dengan pasien Positif langkah awal perlu Isman mandiri dan melaporkan ke fasyankes terdekat. Guna mendapatkan pengawasan lebih intens. Untuk warga sekitar tetap tenang dan mematuhi protokol kesehatan, pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak.

Berikut informasi yang dapat kami sampaikan

  1. Untuk keluarga dari pasien positif pada dasarnya betul haru di swab. Untuk kondisi menunggi dan lainnya dikembalikan lagi pada kapasitas puskesmas dan dinkes setempat. Namun tidak perlu khawatir, karena berdasarkan pedoman tatalaksana Covid-19 Revisi 5 dari Kemenkes untuk Kontak erat dapat melakukan KARANTINA MANDIRI selama 14 HARI. Jika sudah karantina maka waktu infektif kalau memang tertular sudah selesai tanpa harus swab. Yang perlu di catat adalah selama karantina mandiri, monitor kondisi anggota keluarga, tetap gunakan masker di dalam rumah, dan tetap menjaga jarak. Hatur nuhun.

Berikut kami sampaikan alur penanganan pasien dibawah ini. Hatur nuhun.

Selamat siang pak/ bu, saya mau tanya kalo misal ada yg keluarga yg sdh positif covid dengan gejala sesak nafas & batuk parah , sudah masuk di RS tapi penanganan menurut pasien kurang apakah bisa minta rujukan dr RS tsb untuk berpindah ke RS utama rujukan covid ?Terima kasih sebelumnya

Sampurasun akang / teteh @cia_t. Kami sarankan berkordinasi dan menyampaikan keluhan dan kendala ke pihak RS rujukan tersebut. Dapat juga melapor ke pihak Dinkes kab kota setempat. Untuk info call center Dinkes kab kot dapat di lihat di laman kontak web/aplikasi Pikobar. Hatur Nuhun.