Sosialisasi Level RT RW

Assalammualaikum wr.wb
Baru saja sy selesai mendengarkan khotbah jumat di mesjid dekat rumah, khotib memberikan ceramah yg isinya kurang lebih menyatakan ketidaksetujuan himbauan pemerintah utk ibadah di rumah (terutama solat jumat) dgn bahasa dan intonasi suara yg provokatif. Minggu sebelumnya sy mendengarkan seruan yg sama dr ustadz yg berbeda, bahkan mengajak warga utk menghadiri doa bersama. Dan sedihnya sama sekali tidak mengindahkan himbauan penggunaan masker dan jaga jarak dlm pelaksanaan ibadahnya. Sy adalah muslim, dan sy sedih pula dgn keadaan ini sebenarnya. Berdebat dgn orang yg memiliki paham yg berbeda jg bukan hal yg mudah dan bijaksana. Sy pun masih minim ilmu. Selain itu, warga di sini sangat acuh, sering berkumpul2 dan nongkrong terutama pagi-sore-malam hari. Sy hanya ingin mengusulkan edukasi dan tindakan/teguran tegas sampai level RT/RW agar himbauan physical distancing dilaksanakan di pemukiman warga. Kalau perlu warga diberikan surat utk tidak nongkrong di luar rumah, cukup berbelanja dan dibawa pulang ke rumah saja. Selain itu dihimbau kpd pemuka agama utk tdk menyerukan berdoa bersama dgn mengumpulkan orang, tp silakan menghimbau supaya warga banyak berdoa meskipun di rumah masing2. Sy tentu tidak berhak/tidak akan melarang siapapun utk beribadah, tp mohon tdk provokatif dengan menyerukan ketidaksetujuan apa yg dihimbau oleh pemerintah, dan tetap jaga kebersihan, jarak, dan menggunakan masker utk saling menjaga. Semoga sehat selalu untuk semuanya, dan semoga pandemi ini cepat berakhir. Mohon ditindaklanjuti karena agak meresahkan. Wassalammualaikum wr.wb.

1 Like

Walaikumsalam wr wb.

@winda pemerintah, rt/rw/kelurahan seluruh Jabar terus proaktif melakukan himbauan dan pencegahan Covid-19 demi memutus penyebaran. Untuk itu warga turut serta mendukung dan menerapkan himbauan pemerintah pusat maupun daerah, untuk itu mohon lapor kepada rt/rw/faskes setempat. saat ini belum ada sangsi bagi wargi yang tidak mengikuti himbauan pemerintah. untuk itu mulai dari diri kita sendiri untuk menerapkan tetap dirumah jaga keluarga dan perilaku hidup bersih dan sehat. dan berdoa semoga Pandemi ini segera berlalu. #kitapastimenang #kekhawatiran-masyarakat-terkait-covid-19

Sy kira tdk perlu sangsi, tp teguran dan himbauan persuasif yg dilakukan secara terus menerus sudah mencirikan ketegasan dr para aparat. RT dan RW tdk bergerak maksimal, sy kira tdk perlu menunggu laporan warga lain, krn beliau2 pasti sudah tau dgn kondisi lingkungannya sendiri. Kalau sy lapor RT/RW bisa2 sy diserang warga. Apalagi skrng sdh PSBB, tp kondisi di perkampungan tetap sama, malah lebih ramai oleh warga yg berburu takjil. Mohon himbauan yg lbh tegas kepada RT/RW utk lbh mentertibkan warganya.

Perlunya kesadaran warga dan proaktif aparat desa setempat untuk mengikuti himbauan pemerintah daerah kabkot maupun provinsi terkait bahaya dari pandemi ini, guna memutus mata rantai penyebaran serta kurangnya sosialisasi dan himbauan kepada warga sekitar terkait Covid-19 ini menyebabkan tindakan abai sebagian warga.

1 Like

Assalamualaikum min di rw saya ada yang terkena corona ,yang positif banyak berinteraksi dengan orang orang ,dan disini masyarakat tidak mau kerja sama atau kurang nya kesadaran saya takut cepat menyebar kalo tidak dilakukan tes atau sosialisasi ,dan kurangnya sosialisasi desa disini jugaa