Swab Test atau PCR di Puskesmas

Assalamualaikum admin, mau nanya dong min.
Untuk test Swab atau PcR di Puskesmas apa benar gratis? Posisi tinggal saya di Cibinong, Pakansari, Kab. Bogor.

Dan apabila pasangan saya positif covid, dengan gejala tidak bisa mencium atau merasakan bau serta tenggorokan sakit saat bernafas baiknya bagaimana yaa? Apakah harus daftar pasien covid ke puskesmas atau isoman dahulu?

Hatur nuhun, semoga admin bisa membantu.

Walaikumsalam kang @Yogie_Nuradam. Mohon maaf atas kendala dan keterlambatan respon kami. Berikut alur penanganan sesuai pedoman kemenkes. Kami sarankan untuk pasien bergejala langsung menghubungi fasyankes terdekat guna dapat di tindaklanjuti oleh satgas penanganan Covid sehingga dapat dilakukan test swab PCR untuk memastikan paparan virus Covid-19. dalam melakukan tes masif tidak dikenakan biaya untuk pasien tersebut di fasyankes milik pemerintah. Hatur Nuhun.

Apakah gratis swab test di puskesmas?

Jika akang/teteh merupakan kontak erat atau memiliki gejala mohon lapor ke fasyankes terdekat atau puskesmas untuk dilakukan test masif gratis. Hatur nuhun.

Kalau hasilnya reaktip . Kalau ke puskesmas bayar apa gratis min?

Sampurasun. Pihak fasyankes atau puskesmas akan memberikan rujukan ke rs rujukan atau bisa minta rujukan ke labkes kab/kota masing2 untuk dijadwalkan tes swab gratis. Hatur nuhun.

1 Like

Min, kpan ya hasil swab di puskesmas ganeas, kab sumedang keluar?

Sampurasun. Untuk hasil kami sarankan dapat menghubungi panitia test masif atau fasyankesnya. Hatur nuhun.

pagi admin .apa benar kalau sudah isolasi 14hari .tidak perlu swab pcr ulang ? karena sudah di nyatakan sembuh ?
karena dipuskesmas tempat saya tinggal tidak ada fasilitas swab ulang untuk pasien covid …terima.kasih

Sampurasun teh @syarah. Jika tidak ada gejala setelah isoman maka dapat mengunjungi fasyankes terdekat untuk meminta keterangan surat sehat. Tidak perlu test swab kembali sesuai arahan kemenkes. Hatur nuhun.

Hai min mau bertanya, saya domisili di bandung, cipamokolan. Kalau untuk test swab atau PcR itu gratis? Jika sebelumnya saya kontak erat dengan pasien positive

Sampurasun. jika Anda termasuk kontak Erat dan di monitor oleh fasyankes terdekat mohon melapor kondisi Anda. jika ada gejala ringan maupun berat maka akan di lakukan swab test antigen atau pcr secara gratis. Hatur nuhun.

Ibu saya positif covid dan sebelumnya selama seminggu kontak erat dengan ibu saya. jika saya dan adik saya mau di swab apakah bisa dilakukan di puskesmas dan menggunakan bpjs (gratis) ?

Sampurasun teh @Auliya_Jasmine_Firda. Silahkan lapor dan datang ke fasyankes terdekat. Dengan atau tanpa bpjs Anda sekeluarga yang kontak erat akan di rekomendasikan swab test gratis. Atau alternatif lapor ke aplikasi Pikobar di fitur Periksa Mandiri. Hatur nuhun.

Min,untuk daerah cibarusah jaya pcr gratis yang terdekat dimana ya?

Sampurasun kang @Indrayansah_Siahaan. Terkait swab test gratis dapat melapor di fitur Periksa mandiri pada aplikasi Pikobar. Jika memiliki gejala dapat mendatangi fasyankes atau puskesmas terdekat untuk di tindaklanjut. Hatur nuhun.

Punten Akang/ Teteh admin, kalau swab antigen di puskesmas, apa masih bisa dan gratis? ini saya di puskesmas ujung berung katanya sudah tidak bisa terima test swab lagi

Sampurasun kang @muhamad_gia_firdaus. Terkait pendaftaran test swab dapat melalui fitur periksa mandiri di aplikasi Pikobar. selanjutnya akan di arahkan ke pelayanan swab test jika memenuhi syarat tertentu. Hatur nuhun.

Punten admin, klo swab antigen dan swab pcr di puskesmas daerah padalarang semua gratis?

Sampurasun. Untuk dapat melakukan test masif gratis jika pasien memiliki gejala dan melapor ke fasyankes setempat atau melalui fitur periksa mandiri di Pikobar. Untuk kebutuhan test swab mandiri maka di kenakan biaya sesuai penyedia fasilitasnya. Berikut acuan dari menkes.
https://covid19.go.id/p/regulasi/kmk-no-hk0107-menkes-4641-2021-panduan-pelaksanaan-pemeriksaan-pelacakan-karantina-isolasi-dalam-pencegahan-covid-19
Hatur nuhun.