Tanya gejala Covid

Saya kemarin Jum’at tgl 30 Oktober mengalami demam dan batuk berdahak sampai hari minggu 1 November. Setelah itu saya demam hilang, tapi batuk masih ada. Badan terasa tidak fit seperti biasanya. Padahal saya sudah makan banyak dan minum air putih yang banyak udah makan yang banyak.

Tgl 1 November saya masih batuk-batuk, awalnya berdahak, tapi makin kesini batuk saya jadi berat dan tidak berdahak sampai sekarang. Kemarin (04 November) malam saya meraskan sesak dan nyeri di dada kiri atas. Tiap kali saya tertawa ada rasa nyeri di dada kiri atas saya. Lalu semalam saya coba tidur dengan posisi ke kanan berharap nyeri di dada saya hilang. Setelah bangun pagi sekarang saya merasakan jika saya bernafas dr dada seperti tidak nyaman, tidak se-plong biasanya, seperti lebih sempit dan dada tidak bisa mengembang seperti biasnya. Dan kalau saya coba membusungkan dada dan menarik dada ke belakang, saya masih merasakan nyeri di dada kiri bagian atas.

Apakah ini gejala Covid?

Sampurasun Kang @Bagus_Bayhaqi.

Umumnya gejala COVID-19 berupa:

  • Demam ? 38 C
  • Batuk kering
  • Nyeri tenggorokan
  • Sesak napas

Jika ada orang dengan gejala tersebut pernah melakukan kontak dengan pasien positif (+) COVID-19 (berada dalam satu ruangan yang sama/kontak dalam jarak 1 meter) ATAU pernah berkunjung ke luar negeri/daerah endemis COVID-19 dalam 14 hari terakhir, maka terhadap orang tersebut perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium lebih lanjut untuk memastikan diagnosisnya.

Sebaiknya berkonsultasi ke dokter di puskesmas setempat atau terlebih dahulu bisa mengecek kondisi tubuh dengan menggunakan Menu Pemeriksaan Mandiri di Aplikasi Pikobar, atau klik link berikut: bit.ly/prixa-covid19
Dihimbau juga untuk melakukan Perilaku Hidup Sehat dan Bersih (PHBS) serta melakukan praktik physical distancing (mengisolasi diri). Segera konsultasikan dengan Dokter jika keluhan memburuk atau terdapat keluhan lain yang dirasakan.

Hatur Nuhun