Tes pcr di rumah sakit tidak di tanggung bpjs?

Mohon info nya, orang tua saya masuk igd karna tbc kemudian pihak rumah sakit langsung melakukan tes swab pcr walaupun sudah ada hasil tes swab antigen. Dan langsung minta biaya 850 ribu,
Pertanyaan saya, apakah prosedurnya memang seperti itu? Dan apakah swab pcr tidak ditanggung bpjs kesehatan??
Mohon info kalau ada yang tau dan terimakasih,

1 Like

Sampurasun teh @Alran. Apakah ada gejala atau hasil rapid menunjukan reaktif? Jika ada gejala mohon mendatangi fasyankes terdekat atau puskesmas untuk di tangani intensif dan dilakukan swab test tanpa di kenakan biaya. mohon informasikan biaya yang di bayarkan untuk bayar fasilitas apa? Hatur nuhun.

Ayah saya punya penyakit asma, sebelum tes swab pcr sudah dilakukan tes swab antigen dan hasilnya negative tetapi pihak rumah sakit tetap melakukan swab pcr dengan biaya dibebankan kepada kami, saat ini masih menunggu hasil swab pcr tersebut

Sampurasun. Untuk swab atau test rapid mandiri memang tidak di gratiskan. kami sarankan melapor di fitur prixa mandiri untuk mendapatkan test swab gratis jika dinilai oleh sistem perlu dilakukan swab atau mendatangi puskesmas terdekat dan meminta surat rujukan jika bergejala untuk mendapatkan swab gratis. hatur nuhun.

Keponakan saya sakit lambung dan muntah muntah terus d bawa ke igd dan kata dokter jaga harus d rawat inap lalu d tes antigen dan hasilnya positif terus harus d tes pcr dengan biaya 900rbu apakah tidak ditanggung oleh bpjs karna keponakan saya pakai bpjs

Sampurasun akang atau teteh @Isak_Emon. Mohon konfirmasi kembali ke pihak rumah sakit apakah biaya yang di bebankan itu untuk tes PCR atau biaya lainnya. Untuk di ketahui jika pasien memiliki gejala covid atau hasil rapid reaktif maka di sarankan untuk test PCR di RS Rujukan Covid. Mohon dapat melapor ke hotline atau nomor dinkes kab/kot masing-masing di halaman web Pikobar. Untuk test PCR sesuai peraturan kemenkes biaya di tanggung pemerintah.
Berikut referensi terkait info PCR gratis https://tirto.id/ketentuan-tes-swab-pcr-covid-19-gratis-tanpa-biaya-di-puskesmas-f5QV

Hatur nuhun.

Punten mau tanya
anak saya sakit hernia dan harus operasi
kata rumah sakit salah satu syarat operasi harus test PCR sedangkan test tsb tidak ditanggung bpjs sehingga harus bayar mandiri 750,000
untuk test di puskesmas hanya bagi yg terdampak saja. mohon pencerahan.

Sampurasun teh @Rati. Untuk persyaratan tersebut merupakan kebijakan masing-masing RS. kami sarankan berkordinasi dengan pihak rumah sakit solusinya, jika terkendala biaya test pcr tersebut. mungkin bisa di minta rujukan ke RS lain untuk tindak lanjut operasi tanpa membebankan harus swab test dahulu. Hatur nuhun.

Saya punya gejala tenggorkan seperti ada yg ganjel, takut sekali kalo emang positif covid. Apa bisa dengan gejala itu saja minta surat rujukan swab ke puskesmas agar bisa pakai bpjs dan tidak di kenakan biaya?

Sampurasun. Halo teteh @Evie_Anggraeni. Kami sarankan keluhannya dapat langsung di sampaikan ke faskes atau puskesmas terdekat. Jika indikasi gejala covid maka akan dilakukan test swab gratis oleh pihak faskes setempat. Hatur nuhun.

Salam, suami saya ada gejala seperti demam dan sesak nafas parah, di bawa ke beberapa rumah sakit daerah cimahi dan bandung,tetapi selalu ditolak dengan alasan kamar penuh. Akhirnya kami mendatangi satu rumah sakit di Bandung Barat, masuklah ke igd… dan nakes di sana mengharuskan melakukan swab terlebih dahulu sebelum mendapatkan perawatan. Posisi suami sudah sesak nafas dan tidak ada tindakan apapun dari mereka… bahkan tidak diberi alat bantu pernafasan. Datang igd hanya di lakukan swab dan tes darah dan membayar 850.000. Hasilnya ternyata positif dan suami saya dibiarkan menunggu lama di igd. Hasil positif dan sesak nafas tidak membuat mereka merujuk ke rumah sakit yang menangani covid. Malah menyarankan untuk isoman di rumah. Tengah malam hanya membawa resep saja… tanpa diberi obat apapun. Sedangkan kondisi suami saya setiap 1 jam sekali sesak nafas.
Mohon info, apakah swab yang diminta pihak rumah sakit harus dibayar mandiri oleh pasien? Tidak di cover oleh bpjs? Sangat mengecewakan sekali kami datang ke igd hanya untuk melakukan tes swab saja dan berbayar.

Sampurasun teh @Arni_Pujiyanthi. mohon maaf atas kendala yang dialami, semoga dalam keadaan sehat. Mohon melapor ke faskes atau puskesmas terdekat untuk mendapatkan swab test gratis untuk pasien kontak erat dan bergejala sedang hingga berat. Jika diluar RS Rujukan Covid maka biaya mengikuti kebijakan RS tersebut apakah bekerjasama dengan bpjs atau asuransi tertentu. Alternatif dapat menghubungi call center / Kontak Dinkes kab/kot di laman berikut: https://pikobar.jabarprov.go.id/contact

Berikut kami informasikan penanganan pasien berdasarkan gejala yang dialami. Hatur nuhun.

Assalamualaikum, ibu saya sakit sudah -+ 2 Minggu. memiliki gejala seperti sakit kepala, demam, badan terasa sakit, susah makan, dan belakangan terasa nyeri di dada.
Lalu ibu saya kemarin di tes swab dan hasilnya negatif, terus kata dokter harus di tes pcr, lalu ibu saya dites pcr dan hasilnya psitif, terus keluarga memilih untuk isolasi mandiri di rumah.
Terus saya tanya perihal administrasi ke kasir katanya jika hasilnya positif akan di tanggung pemerintah, tetapi pada saat mau pulang ke rumah kami di minta untuk bayar.
Dan bagaimana sebaiknya ibu saya di rawat, tapi ibu saya memilih untuk di rawat di rumah karena beberapa hal.

Walaikumsalam kang @Rijal_Purbani. Untuk test swab hanya untuk pasien kontak erat dan bergejala. Berikut kami informasikan penanganan pasien bedasarkan gejala.

Mohon berkordinasi dengan pengurus rt / rw setempat untuk dapat menghubungi PKM / faskes terdekat untuk penanganan pasien lebih lanjut. Hatur nuhun.

Assalamualaikum, mau tanya kalau orang yang Bersentuhan dengan orang yang terpapar covid apa bisa juga di test swab antigen gratis di puskesmas?

Walaikumsalam. Semoga dalam keadaan sehat. Silahkan datang ke faskes atau puskesmas terdekat jika Anda termasuk pasien kontak erat atau bergejala covid. Diatas postingan penanganan pasien berdasarkan gejala. hatur nuhun.