Tidak mendapatkan bantuan tahap 2, padahal sudah terdaftar

Sampurasun, mau tanya min, untuk banprov tahap 1 saya terdaftar dan alhamdulilah mendapatkan bantuan tersebut, namun untuk yg tahap 2, nama saya terdaftar di di website jps.bandung.go.id sebagai penerima banprov, tapi sampai sekarang (3 agustus 2020), blm mendapatkan juga bantuan tersebut padahal tetangga dan warga sekitar saya sudah mendapatkannya. Mohon di tanggapi min, saya juga sudah membuat aduan di aplikasi pikobar atas nama saya sendiri. Terimakasih

Penyaluran bansos tahap 2 ini ada cleansing data administrasi yang memungkinkan menimalisir terjadinya kesalahan data.

Lalu sebagai bentuk peningkatan kualitas penyaluran tahap 2, maka ditetapkan ketentuan penerima BanProv Non DTKS dengan rincian:

  1. BanProv diberikan kepada keluarga bukan individu.
  2. Kepala Keluarga memiliki NIK dan nomor KK
  3. Satu Keluarga (KK) mendapat 1 bantuan, (untuk penetapan tahap 2 yang pisah rumah beda lokasi hanya mendapat 1 bantuan di daerah asal KK. Hal ini juga otomatis menghilangkan penerima di bawah 17 tahun)
  4. Tidak menerima jenis bantuan lain (7 Pintu bantuan lainnya : PKH, BPNT, BPNT Perluasan, BST Kemensos, Banpres, Banprov DTKS, Ban Kab/Kota, dan Dana Desa)
  5. Tidak ditolak di Sapawarga oleh RW/Desa (pengecekan status dapat dilakukan di Sapawarga RW/Admin Desa)
  6. Bukan keluarga dari kepala keluarga dengan profesi: anggota BPK/DPR RI/DPRD Kab/DPRD Prov/Mahkamah Konstitusi/Kepolisian RI (POLRI)/Pegawai Negeri Sipil (PNS)/Tentara Nasional Indonesia (TNI)
  7. Tidak diadukan sebagai warga pindah.
  8. Tidak dilaporkan gagal salur pada penyaluran Bansos tahap 1.
  9. Jika sudah memenuhi syarat di atas namun tidak terdaftar, maka warga tersebut tidak lolos syarat administrasi karena tidak sesuai format.

Adapun beberapa ketentuan lanjutan terkait distribusi sebagai berikut:

  1. Apabila kepala keluarga yang tercantum pada penerima Bansos telah meninggal, maka Bansos hanya dapat diterima apabila masih terdapat ahli waris keluarga.
  2. Apabila terjadi bantuan ganda, maka barang tersebut harus diretur.
  3. Penerima tahap 1 yang mendapat Bansos melalui pengalihan bantuan, tidak akan mendapatkan bantuan pada tahap 2, kecuali masuk dalam daftar penerima.

Apabila ada masyarakat terdampak COVID 19 telah memenuhi syarat ketentuan penerima Bansos namun tidak terdaftar pada tahap 2, maka dapat mendaftar ulang pada verval tahap 3 melalui aplikasi Sapawarga di RW/Desa setempat, hal ini akan membantu meminimalisir kesalahan pendataaan yang terjadi.

Demikian info yang dapat kami sampaikan.

Hatur nuhun.

Saya sudah berkali2 membaca jawaban “template” seperti diatas min, maksud saya dari beberapa kemungkinan diatas, yg mana yg menyebabkan saya tidak mendapatkan bansos tahap 2? Kalau misalkan ditolak di sapawarga, knp bisa ditolak, klo misalkan tidak lulus verval knp bisa tidak lulus? Saya harus tau penyebabnya, Jadi bisa diminimalisir kesalahan2 yg menyebabkan ditolaknya atau tidak lulusnya di verval agar di tahap berikutnya tidak diulang lagi. Tidak mungkin mimin tidak mengetahui penyebab2nya, karena saya yakin dengan privilagenya mimin bisa mencari tahu penyebabnya, kecuali kalau emang mimin tidak mau mencari tahu. Selesai perkara saya tanpa solusi. Mohon balasannya yg real. Terimakasih

Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Kami tidak mempunyai kapasitas untuk mengakses dan mengetahui kesalahan tersebut satu per satu karena berada dalam sistem data.

Namun menanggapi dari kekurangan sistem dan banyaknya masukan dari warga terkait hal tersebut, saat ini sedang disiapkan fitur di website Solidaritas agar nantinya warga dapat mengecek dimana letaknya kesalahan bila tidak lolos pengajuan bansos.

Hatur nuhun.

Betul hrs diberikan jawaban atas aduan di pokobar apa bila ditolak atau diterima jangan digantungkan begitu saja.

Nah ini baru jawaban…yasudah, ditunggu website solidaritasnya…lebih cepat lebih baik mjn, terimakasih

1 Like

Aslamu alaikum pak @Alwi_MO Di cek solidaritaa ada dtanya tapi bantuan nya ga ada sampai sekarang dari tahap ke 1 sampai tahap ke dua ga menerim mohom penjelasan nya

Nanti jawaban nya akan dikirim dengan templet yg sama. Jd mohon bersabat utk menunggu kiriman templet jawaban nya kang.

Untuk bansos Provinsi Jawa Barat tahap ke 1 di website Solidaritas itu bersifat Perencanaan dan tahap 2 sudah masuk pada Penetapan.

Perbedaan perencanaan dan penetapan adalah perencanaan itu masih ada sistem data gugur yang berarti tidak semua data yang ada di website Solidaritas pada tahap 1 mendapatkan bansos. Bila tahap 2 sudah masuk pada penetapan yang berarti semua data yang tertera di website Solidaritas *khusus tahap 2 akan mendapatkan bansos. :pray:

Sama kang, kebanyakan yang menanyakan juga hal-hal yang serupa dan memang belum ada jawaban maka kami berikan jawaban yang terbaik :grin:

Bahkan s.d skrg laporan sy tdk ditindaklanjuti setelah disarankan utk membuat laporan baru atas mau masuk 5 bulan yang digantung kang @bagus_MO

Silakan untuk tetap mengikuti alur penyaluran bantuan sosial kang :pray:

Sdh kang @bagus_MO malah mau masuk bulan ke 5 semenjak aduan dikirimkan. Aduan tsb tdk mendapatkan jawaban baik Diterima atau pun Ditolak. Bahkan skrg japri DM pun tdk pernah dibalas apa pun.

Mungkin memang ada beberapa warga juga yang mengeluhkan masalah tersebut, ditampung dulu ya kang. Hatur nuhun :pray:.

min data diri saya kenapa ad di bst tapi tidak pernah mendapatkan bantuan sama sekali, sekeluarga pun hanya menerima bantuan kks dan sembako saja tidak ad dari program bst… bagaimana untuk melaporkan perihal tersebut

Sampurasun. Terkait bantuan pusat kemensos diluar wewenang kami dari provinsi. Mohon segera lapor di hotline Kemensos. hatur nuhun.