Verifikasi dan validasi data calon penerima bansos tahap III telah DIBUKA melalui Sapawarga!

View this post on Instagram

Sampurasun, wargi Jabar!⁣ ⁣ Verifikasi dan validasi (verval) data calon penerima bansos kembali DIBUKA di Sapawarga! Gunakan kesempatan ini untuk ingatkan RW-mu yang belum melakukan pendataan melalui Sapawarga.⁣ ⁣ Ayo kawal verval data bansos tahap III agar penyaluran tepat sasaran!⁣ ⁣ Jika RW belum mengaktifkan Sapawarga, hubungi Tim Sapawarga di nomor +62-812-2008-2668 (hanya Whatsapp) atau s.id/HotlineSW ⁣ ⁣ #BansosProvinsi #VervalData #Sapawarga⁣

A post shared by Jabar Digital Service (@jabardigitalservice) on Jul 16, 2020 at 4:01am PDT

1 Like

Assalamualikum kang moderator
Sudah sebulan dari pembuatan aduan mengenai bantuan,
Tapi sampai sekarang aduan tidak kunjung di proses
Lantas bagaimana agar saya bisa mendapat bantuan layaknya orang" yang masih bekerja mendapat bansos, orang" yang rumahnya bagus mendapat bansos ?
Kalo ekonomi saya tidak terkena efek covid, mungkin saya tidak akan bertanya tanya mengenai bantuan

8 Likes

Walaikumsalam kang @Rio_Hafidz_Choir

Sampurasun Wargi Jabar.

Untuk data aduan Pikobar selalu di update dan di proses serta dilakukan pemadanan data.

Seluruh aduan mengenai keadaan sulit ekonomi pada dasarnya semuanya akan diteruskan ke aplikasi Sapawarga dan harus melalui verifikasi validasi oleh RW dan Kepala Desa untuk mendapatkan Bantuan Provinsi.

Namun apabila masyarakat dinilai dalam keadaan darurat dan butuh bantuan cepat, maka akan dihubungi lebih lanjut untuk mendapatkan bantuan dari Jabar Bergerak. Adapun bantuan yang ada bersumber dari Donasi masyarakat Jawa Barat dan terbatas, sehingga belum tentu semua pelapor akan mendapatkan bantuan.

Hatur Nuhun

2 Likes

Sebelumnya sudah di daftarkan oleh mod kang alwi ke jabar bergerak
Tapi semenjak di daftarkan juga sama sekali tidak ada
Baik survey maupun bantuan ke saya

Dari pemerintah sudah memberikan arahan tidak ke RT/RW untuk memvalidasi aduan pikobar ?
Semisal survey ke lapangan
Sekedar masukan untuk kepala RT/ RW kalo bisa yang benar" tidak memiliki pekerjaan aktif, sehingga kinerja menjadi perangkat desa jadi lebih efektif dan fokus

Pa…sy selama ada pendemi covid19 ga pernah dpt bantuan

Ya Alloh, Sekarang udah ada kabar bantuan tahap ke 3 mulai diacarakan. Saya Tahap I, II apalagi III tidak dapat kabar sama sekali. Padahal saya sudah mengurusi data dari Awal April sampai sekarang tingkat rt/rw,kelurahan sampai DINAS Sosial kota Bandung tak ada kabar berita. keterangan Proses-proses aja. Ini kesalahan dimana ya. Saya harus lapor lagi kemana lagi. Mohon penjelasannya Admin.Wassalam

1 Like

Udah mau jln 4 bln dari 9 pintu bantuan nol besar cuma nonton tetangga padahal propesi sy ojoool

1 Like

Saya sudah buat aduan di pikobar dari april dan sdh ditindaklanjuti sapawarga, sdh seminggu lalu dipanggil kelurahan verval data tapi tetap msh blm ada kelanjutannya.
Pikobar hnya membantu mengarahkan tapi penentu tetap pengurus desa/kelurahan, RW dan dinsos setempat, pikobar bkn penentu…!!
Sebaiknya bila masyarakat yg terdampak covid butuh bantuan bs buat aduan di pikobar tapi lbh baik lg klo pnya hub baik dgn RW apalagi pengurus kelurahan, klo RW tdk kenal baik ya berdoa aj mdh2an dpt.
Jgn terlalu berharap akan bantuan mending cari solusi sendiri krn sungguh luar biasa ribet utk minta bantuan pemprov jabar ini.
Perbanyak sabar menunggu bantuan yg memang tdk pasti semua yg butuh akan dapat.
Hatur nuhun

1 Like

Verval thp 3 di rw nm saya aja blm ada disolideritas pnrma bansos skrg di suruh k rw sdngkn stts pikobar ditindaklanjut sapawarga tp nm sy blm ada kumaha ieu kang

Tahap 1-tahap 2&tahap 3 semoga aparatur semua nya bisa amanah…
Bwt saudara2yg tidak kebagian bansos apa pun yakin lah pada Tuhan (Allah SWT) yg telah menjamin rizki&kehidupan semoga saudara2diberikan kesehatan&kesabaran serta ketabahan juga semoga sll di mudahkan di dlm segara urusan
Cukup kepada Allah SWT kita mengadu&meminta pertolongan
Semoga kita semua nya segera di berikan jalan keluar dari covit 19

2 Likes

Sampe skrang blum dapet sama sekali.padahal aku ojol korban phk.sehari gk dapat pemasukan.pengeluaran banyak.trimks

Mau tanya kenapa aduan saya di proses terus…semjak thp 1 sampe 3 blm juga dapat…seberapa banyak warga jabar.berbulan 2.blm jga di tnganin…

Sampe gnti persiden jga ga bkalan dapat .sama kaya saya…lain kali klo ad pemilihan apa pun golput ja.tkt slah plih pemimpin.nanti ikut kebagian dosa…masa bantuan yg dapat orang mampu semua.kta rakyat miskin dpat ap.

Assalamualaikum, sampai saat ini belum ada tindak lanjut, lantas sampai kapan harus menunggu bantuan masa iya orang yang jauh lebih mapan dari saya mendapatkan tapi saya ko nol brsar

Klo sesuai tahap 2 itu dr tgl 8 juli-21 juli 2020, lalu bgmn dgn aduan saya kang @Alwi_MO ??
Dari maret sdh diminta ktp/kk oleh RT, april bikin aduan di pikobar dan status kemudian ditindaklanjuti sapawarga dan tahap 1 lewat…
Saat ini masuk tahap 2 dan jumat tgl 10 juli 2020 saya dipanggil kelurahan utk verval data tapi hingga saat ini tdk ada kbr jg, besok sdh tgl 21 juli 2020…bila besok msh tdk ada kbr dan kemudian tahap 2 lewat jg…
Kami hrs bgmn lagi kang??
Hrs menunggu lagi dgn sabar??
Saya heran dmn kesulitan dan masalah apa yg membuat sangat ribet proses utk bantuan ini??
Tim @pikobar.admin punya tgg jwb besar utk menjawab guna aplikasi pikobar ini dan kendala yg dihadapi tapi tentu bpk gubernur yg terhormat RK yg punya tgg jwb lbh besar lg utk menjelaskan pd rakyat jabar, knp bnyk rakyat yg sangat butuh bantuan tp tdk tersentuh bantuan smskali bahkan cenderung dipersulit…
Demikian menurut saya.
Hatur nuhun

Sampurasun Pak Colty

Terkait permasalahan, sudah dijelaskan sebelumnya bahwa masalah utama dalam pembagian banprov ini adalaha soal data penerima, di tahap 1 seperti yang bapak tahu banyak banprov yang salah sasaran. Oleh karena itu, di tahap 2 data dicleansing untuk menghasilkan data penerima banprov yang tepat sasaran.

Terkait aduan bapak, bila statusnya ditindaklanjuti tapi tidak terdaftar di aplikasi Pikobar artinya ditolak pak. Solusinya bisa lapor ke RW atau kelurahan setempat agar diverifikasi sebagai penerima banprov tahap 3, karena saat ini sedang berlangsung proses verval tahap 3. Alternatif lainnya, bisa kembali membuat aduan di aplikasi Pikobar.

Kami tahu dan paham, bapak tentu kesal dengan pesan tersebut. Namun berikutlah informasi dan saran yang bisa kami sampaikan kepada bapak. Semoga bapak bisa mendapatkan banprov pada penyaluran tahap 3. :pray:

Hatur nuhun.

1 Like

Sebagai informasi, bagi warga yang melaporkan aduan di atas tanggal 10 Juni 2020, maka datanya akan diverifikasi pada verval tahap 3 yang sedang berlangsung saat ini.

Silakan lapor ke RW atau kelurahan setempat untuk diverifikasi sebagai penerima banprov tahap 3. Alternatif lainnya bisa membuat aduan kembali di aplikasi Pikobar.

Kenapa lapor rw lagi kan pikobar di buat untuk warga yg tdk di data sm rw kang ayn d suruh lapor lagi klo lpr k rw ngapain atuh d bikin pikobar

3 Likes